Minggu, 28 Februari 2010

PLP-UPI 2010

Kamis 25 Pebruari 2010 bertempat di Mesjid Jami SKB Sumedang, Dosen pembimbing PLP mahasiswa UPI Bandung menyerahkan 11 0rang mahasiswanya untuk orientasi ke-pamongan dan tugas KBM di KPB/KPC/PAUD yang dikelola SKB-sumedang selama 3 bulan.
Dalam kata penyerahannya Pa Sardin S.Pd; M.Si mengatakan perlunya memotivasi diri disamping memotivasi masyarakat untuk belajar, mahasiswa dituntut untuk mengetahui peran Pamong Belajar di masyarakat sekaligus untuk mencintai profesi tsb.
Dalam acara penyerahan tsb dikenalkan ke-11 mahasiswa tsb. a.l :
  1. Aneu Liana Desi
  2. Dian Sri Handayani
  3. Nikeu Sri Handayani
  4. Suryono
  5. Feriyanti
  6. Fitri Herawati
  7. Rosita Dewi
  8. Sumiati
  9. Ahmad Hidayat
  10. Nur Aeni Ulfah
  11. Roni Rahmat S.
Sementara ini mahasiswa ditempatkan di Mess SKB Sumedang , dengan konsumsi mengurus sendiri.

Adapun yang ditugasi untuk pembimbing mahasiswa yang berperan sebagai dosen luar biasa a.l. :
  1. Dra Hj. Cucu Nila M.M.Pd.
  2. H. Mahmudin S.Pd.
  3. Dra. Nana Widhianawati
  4. Dra. Agnes Farida Iriati
  5. Drs. Acep Rohmana
  6. Drs. Jenurdin M.Pd.                                                                                                                                  
Team SIM-

Sehubungan dengan adanya program Desa Kawasan , maka ke-11 mahasiswa mulai tanggal 14 Maret 2010 ditugaskan untuk membantu sasaran PNF di Desa Pamulihan dan Cilembu Kecamatan Pamulihan. Dan untuk itu mahasiswa membagi 2 kelempok a.l. :   
Untuk desa Cilembu
  1. Ahmad Hidayat
  2. Nur Aeni Ulfah
  3. Roni Rahmat 
  4. Rosita Dewi
  5. 5 Sumiati
Untuk desa Pamulihan
  1. Aneu Liana Dewi
  2. Dian Sri Handayani
  3. Ferianti
  4. Fitri Rahmawati
  5. Nikeu Rosir Saraswati
  6. Suryono
Selamat bertugas, Jangan lupa Jadwal Mengajar di SKB ! 

Senin, 22 Februari 2010

proposal

PENDAHULUAN

Anak adalah anugerah sekaligus amanah dari Yang Maha Kuasa. Dengan segala keunikannya, anak menjadi kebanggaan tersendiri bagi para orangtua. Dan sebagai orangtua kita akan selalu mengusahakan agar anak mendapatkan yang terbaik di dalam hidupnya sesuai dengan kemampuan kita.
Dari berbagai sumber dikemukakan bahwa usia 0-5 tahun atau dikenal sebagai “golden age” adalah masa dimana otak berkembang sangat pesat mencapai 80%. Setelah usia itu sampai dewasa nanti, yang dapat dioptimalkan adalah sisanya yaitu sebesar 20%. Betapa sayangnya jika masa kanak-kanak yang sangat berharga itu kita sia-siakan dengan hanya membiarkan anak tanpa diarahkan. Bisa dibayangkan, usia itu adalah masa pembentukan karakter anak, karena pada masa itulah apa yang diterima otak akan melekat erat dan mewarnai cara kerja otak hingga dewasa kelak. Tetapi kebanyakan orang tua kurang memperhatikan masalah tersebut, karena rendahnya kesadaran masyarakat akan hal tersebut
Menyentuh hati kami untuk secara perlahan mensosialisasikannya melalui Kelompok Bermain. Kami bersyukur bahwasanya sekarang ini Pemerintah sangat memperhatikan pendidikan untuk anak usia dini melalui program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Tetapi untuk mendukung suksesnya program PAUD ini tentunya tidak terlepas dari pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendukungnya. Untuk itulah kami kemukakan disini rencana atau konsep tahapan-tahapan yang kami yakini dapat mendukung suksesnya program PAUD.





DASAR PELAKSANAAN
1. Undang-Undang Dasar 1945
2. Garis-garis Besar Haluan Negara 1999
3. Undang-Undang No. 4 tahun 1974 tentang Kesejahteraan Anak
4. Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
5. Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1990, tentang Pendidikan Pra Sekolah
6. Keputusan Menteri Sosial RI No. 47 tahun 1990, tentang pendirian kelompok bermain
7. Peraturan Pemerintah No. 73 tahun 1991, tentang Pendidikan Luar Sekolah
8. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 51 tahunb 2001, tentang Organisasi dan Tata Kerja Dirjen PLSP
9. Peraturan Pemerintah Daerah Kab. Sumedang No 32 tahun 2001, tentang Organisasi dan tata kerja SKB
10. Program kerja SKB Sumedang tahun 2010

MISI DAN VISI

1. Misi
MISI dari Kelompok Bermain “Nuurul-iimaan” ini adalah membantu mengoptimalkan kecerdasan Warga Belajar dari sisi daya pikir, emosi, fisik dan moral berlandaskan sosial dan agama, dengan cara:
a. Menciptakan dan menyediakan sarana ”bermain sambil belajar”.
b. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan pada usia dini.
c. Mengubah persepsi bahwa pendidikan anak di usia dini yang bermutu memerlukan biaya tinggi.


2. Visi
Kober “Nurul Iman” ini juga mempunyai VISI kedepan, yakni sebagai berikut:
a. Terciptanya lingkungan masyarakat yang peduli terhadap program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
b. Dengan mendidik sedari dini, diharapkan dapat meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia dari sisi fisik, kognitif, emosi dan moral (IQ, EQ dan SQ).


TARGET /SASARAN KOBER
1. Kelompok Usia Warga Belajar
Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, masa “golden age” adalah usia 0-5 tahun, dan telah kita ketahui bersama bahwa usia Sekolah Dasar adalah mulai 7 tahun, mengikuti program PAUD (UU.No.20/2003), Pasal 1
“Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.”
Maka sasaran untuk Warga Belajar Kelompok Belajar ini adalah anak-anak usia 0-6 tahun dengan prioritas <5 tahun.

2. Golongan Masyarakat untuk Warga Belajar
Sesuai dengan kondisi masyarakat di wilayah kami, bahwa masih banyak anak usia 0-6 tahun yang belum tersentuh pendidikan baik itu formal maupun non formal. Hal ini dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan di usia dini, dan bagi yang menyadari hal tersebut menyayangkan tingginya biaya PAUD formal/ TK. Memang saat ini persaingan TK sangat ketat, menawarkan program-program terbaik mereka, tetapi tentunya diiringi dengan biaya yang tidak sedikit.
Lalu bagaimanakah dengan nasib anak-anak yang kurang beruntung? Mereka yang terlahir dalam keluarga dengan ekonomi lemah, sama haknya dengan anak-anak yang terlahir dalam keluarga dengan kondisi berkecukupan. Itulah salah satu alasan sosialisasi program PAUD, untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya pendidikan untuk anak pada usia dini dengan langsung memfasilitasi kebutuhan tersebut.
Jadi sasaran Kelompok Bermain “Nurul Iman” ini adalah untuk anak-anak dari seluruh lapisan masyarakat yang menyadari pentingnya pendidikan di usia dini, terutama bagi mereka yang kurang mampu.


KONSEP TAHAPAN PELAKSANAAN KOBER

1. Lokasi Kegiatan
Sesuai hasil musyawarah dengan unsur masyarakat yang didukung oleh fasilitas tempat belajar berupa madrasah milik warga masyarakat yang sudah disahkan hak guna pakai selama kegiatan belajar berjalan. Maka lokasi kegiatan Kelompok Bermain (KOBER) ini di TPA Nuurul-iimaan, Dusun Gudang RT 02 RW 03 Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang KM18 tepatnya di belakang kantor Desa Gudang.
Adapun sarana pembelajaran yang ada adalah ruang belajar yang merupakan madrasah yang memiliki 20 buah kursi plastik, 25 buah meja lipat (sumbangan dari anggota DPRD), 2 buah meja besar (yang dipecah menjadi 8 meja) dan 1 buah meja dan kursi untuk tutor.


2. Tahap Persiapan
Untuk tahap persiapan, berdasarkan pemikiran, usulan dan masukan dari masyarakat setempat tentang pembentukan dan penyelenggaraan Kelompok Bermain ini maka sebagai tindak lanjutnya adalah:
o Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kab. Sumedang (Subdin PLS) serta penilik PLS di Kec. Tanjungsari bersama Pemerintah Desa (mulai dari Kepala Desa sampai aparat RT/RWnya), juga dengan ketua KOBER Nuurul-iimaan.
o Dinas Pendidikan Kec. Tanjungsari melakukan identifikasi kelompok sasaran, identifikasi potensi termasuk identifikasi calon tutor/pengasuh.
o Melakukan motivasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang PAUD/KOBER
o Menyiapkan sarana administrasi, jadwal kegiatan dan membukukan calon peserta /Warga Belajar.
o Melakukan musyawarah dengan orangtua Warga Belajar.


3. Tahap Pelaksanaan
Program di Kelompok Bermain Nurul Iman ini dilaksanakan setiap hari Senin s.d. Kamis dari pukul 07.00 s.d. pukul 10.00 WIB, dengan program kegiatan belajarnya sebagai berikut: :
a. Program kegiatan belajar dalam rangka pembentukan perilaku melalui pembiasaan yang terwujud dalam rangka kegiatan sehari-hari di kelompok bermain meliputi: Keyakinan beragama, nilai-nilai budaya, disiplin perasaan/emosi, kemampuan bermasyarakat serta permainan tradisional, kami juga mengadakan program baca IQRO sebelum pelajaran dimulai dan latihan membaca (khususnya untuk kelas besar) setelah pulang sekolah.,
b. Program kegiatan belajar dalam rangka pengembangan kemampuan dasar, meliputi: kemampuan berbahasa/komunikasi verbal, daya pikir, daya keterampilan (motorik kasar), pengembangan emosi dan bersosialisasi.
Metode yang dipakai Program Pendidikan Anak Usia Dini/Kelompok Bermain ini dapat dilaksanakan melalui kegiatan:
Bermain, bercerita, bernyanyi, darmawisata, peragaan/demonstrasi, penugasan/observasi, latihan

TARGET KEDEPAN

1. Tolok Ukur Keberhasilan
Keberhasilan Program Pendidikan Anak Usia Dini/Kelompok Bermain diukur dari dua tolok ukur yakni penyelenggaran dan perkembangan kemampuan anak:
a. Penyelenggaraan adalah terselenggaranya kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum anak usia dini dan bertambahnya jumlah anak/peserta didik setiap tahun ajaran di dalam program PAUD.
b. Perkembangan kemampuan anak adalah semakin banyak anak-anak usia 0-6 tahun memiliki tingkat kecerdasan dan emosional yang optimal sesuai tingkat usianya.

2. Daya Dukung
a. Sarana
Seperti telah dikemukakan bahwa sarana yang dimiliki sangatlah minim dan tidak memadai untuk dapat mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan. Untuk itulah salah satu target kami adalah mengembangkan sarana belajar dan bermain terutama Alat Permainan Edukatif baik untuk di dalam maupun di luar ruangan.
b. Ketenagaan
Kami menetapkan target agar ke depannya secara rutin mengikuti pelatihan, seminar, studium general atau apapun bentuknya yang berhubungan dengan pembelajaran tentang program PAUD ini, terutama untuk para tutor/pengasuh. Baik itu yang diadakan oleh Dinas Pendidikan ataupun diluar itu.
c. Dana
Untuk membantu kelancaran kegiatan belajar pada awalnya orangtua anak didik memberikan iuran sukarela berupa “kencleng” yang tidak ditetapkan besarnya. Tetapi atas permintaan dari pihak orangtua, pada awal tahun ajaran 2008-2009 ditetapkan dengan sumbangan tetap tiap bulannya, tentunya disesuaikan dengan kondisi perekonomian masyarakat warga belajar. Diharapkan dengan adanya keterbukaan administrasi dari pihak penyelenggara/pengelola akan mengetuk hati para orangtua Warga Belajar akan tanggungjawab mereka terhadap anaknya dan kemajuan program PAUD ini.

HAMBATAN-HAMBATAN

Didalam pelaksanaannya kami masih menemui banyaknya hambatan, antara lain:
1. Sarana belajar dan bermain terutama Alat Permainan Edukatif baik untuk di dalam maupun di luar masih sangat minim dan tidak memadai.
2. Kurangnya ruangan belajar, karena banyaknya jumlah Warga Belajar.
3. Fasilitas MCK masih kurang memadai, karena tidak mempunyai sumber air sendiri.
4. Sangat minimnya insentif/uang transport untuk tutor/pengasuh, karena sumber pendanaan hanya dari hasil iuran Warga Belajar, dan mayoritas Warga Belajar adalah berasal dari keluarga kurang mampu.
PENUTUP

Kami menyadari kekurangan–kekurangan yang harus dibenahi di dalam proposal ini. Meski demikian, insya Allah kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan program Pendidikan Anak Usia Dini ini. Berusaha istiqomah dan sabar menjalani setiap langkahnya, serta bersedia untuk belajar dan terbuka terhadap kritik dan masukan-masukan, selama untuk kebaikan bersama. Semoga Allah SWT. memberikan kemudahan dan menjaga niat baik kita untuk mencerdaskan bangsa yang dimulai dari masyarakat lingkungan sekitar, terutama anak-anak 0-6 tahun, melalui program ini. Amin.










LAMPIRAN-LAMPIRAN

A. RINCIAN BIAYA YANG DIPERLUKAN
1. KEPERLUAN SARANA PEMBELAJARAN
A1.ALAT PERMAINAN EDUKATIF LUAR
1. 1 buah jungkitan @Rp. 750.000,- Rp. 750.000,-
2. 1 buah prosotan @Rp. 750.000,- Rp. 750.000,-
3. 2 buah ayunan @Rp. 600.000,- Rp. 1.200.000,-
4. 1 buah korsel @ Rp. 1.000.000,- Rp. 1.000.000,-
A2. ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM
1. Sentra Balok:
1. Susun bangun balok 100pcs/set
2x Rp.450.000,-
2. Perlengkapan susun bangun balok (kendaraan, pohon, hewan dan taman) 60 pcs/set 5 x Rp. 400.000,-
3. 2 set puzzle kayu alphabet Rp. 125.000
4. 2 Set puzzle kayu angka Rp. 125.000,-
5. 5 set puzzle kayu untuk balita 5 x 30.000,-
Rp. 900.000,-

Rp. 2.000.000,

Rp. 250.000,
- Rp. 250.000,
- Rp. 150.000,
2. Sentra Imtaq (Iman dan Taqwa):
1. Buku IQRO jilid lengkap 25 x Rp.10.000
Rp. 250.000,-
JUMLAH : (30% X 25.000.000) Rp. 7.500.000,-
B. SARANA DAN PERLENGKAPAN PENDUKUNG
1. 2 buah rak sepatu @ Rp. 75.000,- Rp. 150.000,-
2. 20 buah KURSI ANAK @ Rp. 20.000,- Rp. 400.000,-
3. 1 buah rak/lemari knockdown Rp. 1.000.000,- Rp. 1.000.000,-
4. 2 buah kursi untuk tutor @ Rp. 150.000,- Rp. 300.000,-
5. 1 buah PAPAN TULIS/WHITE BOARD Rp. 100.000,-
6. 20 buah MEJA ANAK @ Rp. 40.000,- Rp. 800.000,-
7. 2 buah MEJA TUTOR Rp. 500.000,-
Rp. 1.000.000,-
Jumlah: (15% X 25.000.000) Rp.3.750.000,-


C. PENINGKATAN MUTU TEKNIS PENDIDIKAN ATAU PENGASUHAN
a. Literatur Rp. 1.500.000,-
b. Bantuan biaya kuliah tutor yang menyelesaikan S1 Rp. 3.000.000,-
b. Pelatihan, Seminar, Studium General (dlm 1 thn) Rp. 2.000.000,-
Jumlah yang diperlukan Rp. 6.500.000,-

D KEPERLUAN UNTUK INSENTIF DAN TRANSPORT
a. Uang transport pendidik untuk 6 orang
6 x 12 bulan x Rp. 100.000,- Rp. 5.400.000,-
b. ATK
12 bulan x Rp. 175.000 Rp. 2.100.000,-
Biaya yang diperlukan Rp. 7.500.000,-

E. Penguatan status kelembagaan dan administrasi Rp 1.250.000,-

REKAPITULASI KEPERLUAN BIAYA:
1. Pengadaan sarana pembelajaran (30%) Rp. 7.500.000,-
2. Pengadaan Meubeler (15%) Rp. 3.750.000,-
3. Peningkatan mutu pendidik (25%) Rp. 6.250.000,-
4. Penyelenggaraan proses pembelajaran (25%) Rp. 6.250.000,-
5. Penguatan status kelembagaan (5%) Rp. 1..250.000,-
Seluruh biaya diperlukan Rp. 25.000.000,-

(Terhitung dua puluh lima juta rupiah)














STRUKTUR ORGANISASI
KOBER “NUURUL IIMAAN” 2008



C. DAFTAR NAMA PENYELENGGARA
NO NAMA TEMPAT/TGL LAHIR PENDIDIKAN JABATAN ALAMAT
1. Mahmudin Bandung, 18-02-52 Diploma-1 Ketua Gudang, 02/03
2. Aceng Rahmat Sumedang, 22-03-62 SLA Sekretaris Gudang, 05/03
3. Hj. Tuty Susana, S.Ip Jakarta, 03-07-55 Strata-1 Bendahara Gudang, 02/03
4. Yuyun Budiyanti, AMd Sumedang, 13-12-75 Diploma-3 Pengelola Gudang, 05/03

D. DAFTAR NAMA TUTOR
NO NAMA TEMPAT/TGL LAHIR PENDIDIKAN ALAMAT
1. Neng Ulya Mulyati SPd.I. Bandung,11-01-1981 S1 Gudang, 02/04
2. Siti Rosyidah Sumedang, 07-04-71 SLA Gudang, 02/03
3. Yuyun Budiyanti, AMd Sumedang, 13-12-75 Diploma-3 Gudang, 05/03
4. Corry Syamsiah Bandung, 19-03-85 D1 Gudang, 01/04
5. Astri Adharini AMa. Salatiga, 12-08-86 PGRA (D2) Gudang, 02/03
6. H.Mahmudin S,Pd. Bandung, 18-08-1852 (S1) Gudang, 02/02






E. DAFTAR NAMA WARGA BELAJAR
No NAMA L/P Usia Nama Orangtua Pekerjaan Alamat
1. Abdul Rohman L 6 Engkos Ojeg Gudang, 04/03
2. Agnia Zafira P 5 Fuad Guru Kebon Hui
3. Andhika Yudhatama L 4,5 Krisna Wuyana - Gudang, 05/03
4. Anisya Zahra P 5 Aep Saepudin Buruh Gudang, 03/03
5. Ardi Hardiansyah L 5 Hendi Buruh Gudang, 05/03
6. Daril Fadilah L 6 Ojang Rohidin Buruh Gudang, 03/03
7. Daissy Anggita Eldiana (Gita) P 6 Cecep Budyana Wiraswasta Gudang, 02/03
8. Diky Rudiansyah L 5 Herman Yanto Dagang Gudang, 02/03
9. Fatra Margana L 5 Agus Ramdani Wiraswasta Gudang, 03/03
10. Febriansyah Nourohman L 5 Roni Jailani Dagang Gudang, 02/04
11. Feby Nurfadilah P 6 Dicki Hadiyanto Wiraswasta Gudang, 03/04
12. Fitra Adiyangsyah L 6 Aep Barnas Wiraswasta Gudang, 03/04
13. Gilang Ramdani L 5 Dede Mulyana Wiraswasta Gudang, 02/04
14. Iman Apriadi L 6 Saepul Anwar Wiraswasta Gudang, 01/04
15. Irfan Januar L 2 Agus Ramdani Wiraswasta Gudang, 03/03
16. Levina Jaen Nasyifa P 2 Ahmad Jaenudin Peg. Swasta Puskopad E2 48
17. Lina Sri Rahayu P 3 Oyo Darsono Buruh Gudang, 02/03
18. M. Arifin Ilham L 4,5 Cecep Suherman BUMN Gudang, 03/03
19. M. Muzaqi (Jajat) L 6 Oyo Darsono Buruh Gudang, 02/03
20. M. Ramadhan Surya Adinegara L 5 Hilman S Adinegara Wiraswasta Gudang, 02/04
21. Nabila Syalsabilah P 4 Sulaeman Buruh Gudang 04/02
22. Nikita Oktaviani P 5 Dani Kurniawan Wiraswasta Gudang, 03/03
23. Nurul Syifa Amalia P 5 Asep Dagang Gudang, 02/03
24. Putri Destalina M P 5,5 Jahidi Kadus Gudang, 02/03
25. Rai Nurrohmat L 5 Sobandi Buruh Gudang, 02/04
26. Rantika Puri Ayuni P 5,5 A. Saepulloh Wiraswasta Gudang, 01/03
27. Reni Talia P 5 Wawan Sukriawan Tukang Gudang, 05/03
28. Reina Syafia Salma Wonnink P 5 Reiki Wonnink Wiraswasta Gudang, 03/03
29. Rival Gunara Prana L 5 Deni Gumaran Peg. Swasta Gudang, 02/03
30. Rizki Noval Ramadhan (Ari) L 5 Atman Buruh Gudang, 03/03
31. Rizky Akbar Permana L 4,5 Dadang Peg. Swasta Gudang, 04/02
32. Septiana Nugraha L 5 Somantri Peg. Swasta Gudang, 02/03
33. Surya Jatnika L 4 Gudang, 03/04
34. Tiara Octaviani Hidayat P 5 Dede Hidayat Peg. Swasta Gudang, 01/03
35. Zilan Restiani P 2 Hidmat Parihat Peg. Swasta Gudang, 02/01

























B. SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA KOBER
Sejak tahun 1996 di wilayah RW 03 Desa Gudang telah dibentuk satuan pendidikan luar sekolah dibawah naungan Depag yang bernama TPA Ibnu Aqil yang bertempat di Masjid Jami “IBNU ‘AQIL” milik pribadi Ir. H Abdullah Danuwinata (Alm). Pada tahun 2006 terjadi pengalihan kepengurusannya ke LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) kecamatan Tanjungsari. Atas dasar saran KUA kec. Tanjungsari dan rapat jamaah masjid serta musyawarah orangtua di Balai Desa Gudang, maka diputuskan untuk membangun madrasah di belakang Desa Gudang bersebelahan dengan musholla desa dengan nama NUURUL IIMAAN yang pengesahannya ditandai surat izin dari Depag Kab. Sumedang (No: Kd.10.11/BH.01.1/3137/2006)
Alhamdulillah dengan stimulan modal pembangunan dari Asda Bupati Kab. Sumedang sebesar Rp. 3.000.000,- terbentuklah panitia pembangunan dan dalam jangka waktu 3 bulan terwujud bangunan permanen ukuran 5x5 m, ruang untuk perpustakaan, dan WC/tempat wudlu dengan bantuan air dari kantor PLN, serta pemasangan jaringan listrik gratis dari CV Astria Mandiri. Dari hasil swadaya/spontanitas terkumpul dana  Rp. 18.000.000,- ditambah sumbangan berupa barang seperti genting, karpet, kubah, keramik, cat dsb (total  Rp. 25.000.000,-)
Melihat banyaknya peserta TPA yang berusia dini, kami menilai perlunya penanganan yang terpisah dari usia Sekolah Dasar, sehingga akhirnya kami menyelenggarakan kelompok bermain pada pagi hari, yang ditandai dengan Sertifikat dan Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang (No:421.9/0076/Disdik/2008)






C. FOTO LOKASI/TEMPAT DISELENGGARAKANNYA KEGIATAN

Senin, 15 Februari 2010

DATA SASARAN PNFI 2009


TAHUN  : 2009















PROPINSI : Jawa Barat














KABUPATEN : Sumedang














KECAMATAN : TANJUNGSARI

































No Desa Jumlah Penduduk Berdasarkan Kelompok Usia Sasaran Pendidikan Nonformal Jumlah
Pengangguran
0-4 Thn 5-6 Thn 15-24 Thn 25-34 Thn 35-44 Thn 45-60 Thn > 60 Thn 15-36 Thn
L P L P L P L P L P L P L P L P
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
1 TANJUNGSARI 123 103 112 99 60 41 40 35 25 17 10 7     -       -   275 255
2 JATISARI 120 99 111 83 55 40 33 30 21 15 8 5     -       -   125 235
3 GUDANG 215 210 77 70 513 409 230 202 500 542 490 474 215 212 126 119
4 GUNUNGMANIK 390 413 36 35 275 324 362 377 368 285 278 221 174 123 299 262
5 MARGAJAYA 337 338 238 195 608 556 582 536 505 455 907 818 527 478 121 105
6 MARGALUYU 147 184 97 69 78 78 86 93 95 75 70 80 75 60 165 151
7 PASIGARAN 113 138 28 39 142 172 284 259 196 218 435 406 197 165 114 175
8 KUTAMANDIRI 266 268 74 75 270 320 361 371 365 284 283 270 173 125 290 260
9 RAHARJA 103 79 99 80 70 43 50 30 20 18 9 4 152 140 290 350
10 CINANJUNG 402 410 145 139 638 624 701 660 675 718 995 993 287 269 310 204
11 CIJAMBU 138 128 39 39 310 305 314 303 285 268 317 273 11 12 22         -  
12 KADAKAJAYA 151 94 35 30 315 309 206 217 242 244 440 434 231 229 135 144
                                   
                                   
                                   
                                   
                                   
                                   
Jumlah  2505 2464 1091 953 3334 3221 3249 3113 3297 3139 4242 3985 2042 1813 2272 2260

 
FORM 3A. JUMLAH PENDIDIK PENDIDIKAN NONFORMAL (PNF)













TAHUN : 2009









PROPINSI : Jawa Barat









KABUPATEN : Sumedang









KECAMATAN : TANJUNGSARI






















No DESA PENDIDIK PAMONG BELAJAR
PAUD KF KESETARAAN KURSUS SKB
L P L P L P L P L P
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 TANJUNGSARI           -   9           -             -   6 3 6 11               -                -  
2 JATISARI           -   11           -             -             -             -   1 5               -                -  
3 GUDANG 1 14           -             -             -             -   2 2 6 13
4 GUNUNGMANIK 2 15 2           -             -             -   2 1               -                -  
5 MARGAJAYA 1 10 2 2 4 3           -             -                 -                -  
6 MARGALUYU           -   8           -             -             -             -             -             -                 -                -  
7 PASIGARAN           -   12           -             -             -             -             -             -                 -                -  
8 KUTAMANDIRI           -   16   2 10 6           -             -                 -                -  
9 RAHARJA 1 12           -             -             -             -             -             -                 -                -  
10 CINANJUNG 1 10           -             -             -             -             -             -                 -                -  
11 CIJAMBU           -   4 4 7           -             -             -             -                 -                -  
12 KADAKAJAYA 2 2           -             -             -             -             -             -                 -                -  
                       
                       
                       
                       
                       
                       
Jumlah  8 123 8 11 20 12 11 19 6 13


TAHUN : 2009

















PROPINSI : Jawa Barat
















KABUPATEN : Sumedang
















KECAMATAN : TANJUNGSARI


























FORM 3B. JUMLAH TENAGA KEPENDIDIKAN PNF



No DESA TENAGA KEPENDIDIKAN TLD FDI PENILIK
PAUD KF KESETARAAN KURSUS TBM PKBM
L P L P L P L P L P L P L P L P L P
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
1 TANJUNGSARI 1 8 - - 5 4 6 11 - -     - - - - - -
2 JATISARI 1 9 - - - - 1 5 - - 2 1 - - - - - -
3 GUDANG 5 10 - - - - 2 2 - - - - - - - - 1 -
4 GUNUNGMANIK 1 14 - - - - 2 1 - - - - - - - - - -
5 MARGAJAYA 4 6 2 2 4 3 - - 1 1 3 - - - - - - -
6 MARGALUYU 1 2 2 - - - - - - - - - - - - - - -
7 PASIGARAN 2 11 - - - - - - - - - - - - - - - -
8 KUTAMANDIRI 1 18 - - 9 7 - - -   2 4 - - - - - -
9 RAHARJA 2 12 - - - - - - - - - - - - - - - -
10 CINANJUNG 2 12 - - - - - - - - - - - - - - - -
11 CIJAMBU 0 2 - - - - - - - - - - - - - - - -
12 KADAKAJAYA 1 2 - - - - - - - - - - - - - - - -
                                       
                                       
                                       
                                       
                                       
                                       
Jumlah  21 106 4 2 18 14 11 19 1 1 7 5 - - - - 1 -


No DESA Jumlah Lembaga Penyelenggara SKB
PAUD Kelompok  TBM PKBM KURSUS
KB TPA SPS Belajar
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
1 TANJUNGSARI 5 - - -     6  
2 JATISARI 3 - - - 1 1 3  
3 GUDANG 4 - 1 - 1 - 2 1
4 GUNUNGMANIK 4 - 1 2 - - 1 -
5 MARGAJAYA 3 - - 4 1 1 - -
6 MARGALUYU 2 - - - - - - -
7 PASIGARAN 3 - 1 - - - - -
8 KUTAMANDIRI 4 - 1 2   2   -
9 RAHARJA 4 -   - - - - -
10 CINANJUNG 3 - 1 - - - - -
11 CIJAMBU 1 - 1 8 - - - -
12 KADAKAJAYA 1 - - - - - - -
                   
                   
                   
                   
                   
                   
Jumlah  37 - 6 16 3 4 12 1


No DESA Jumlah Peserta Didik Tahun 2009
PAUD KF Kursus Paket A Paket B Paket C
KB TPA SPS Dasar Usaha  Kelas 4 Kelas 5 Kelas 6 Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3
Mandiri
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17
1 TANJUNGSARI 91 - - - - 344 - - - - - - 15 18 25
2 JATISARI 61 - - - - 56 - - - - - - - - -
3 GUDANG 83 - 22 - - 87 - - - - - - - - -
4 GUNUNGMANIK 111 -   20 - 57 - - - - - - - - -
5 MARGAJAYA 122 - 44 40 -   - - -     22 - - -
6 MARGALUYU 66 -   - - - - - - 25 - - - - -
7 PASIGARAN 62 - 20 - - - - - -   - - - - -
8 KUTAMANDIRI 76 - 35 - - - - - - 25 - - 17 - -
9 RAHARJA 102 - - 20 - - - - - - - - - - -
10 CINANJUNG 78 - 51   - - - - - - - - - - -
11 CIJAMBU 23 - 20 80 30   - - - - - - - - -
12 KADAKAJAYA 22 - - - - - - - - 25 - - - - -
                                 
                                 
                                 
                                 
                                 
                - - -            
Jumlah  897   192 160 30 544 - - - 75   22 32 18 25

Jumlah Penduduk Kab.Sumedang Berdasarkan Kelompok Usia Sasaran Pendidikan Non formal & Informal    

No/Kecamatan 0-4 Thn    5-6 Thn    15-24 Thn    25-34 Thn     35-44 Thn      45-60 Thn      <; 60 Thn     
                      L /  P          L / P        L / P            L / P            L / P            L  / P            L / P               L / P
                                                                   
1    WADO   545   320   548   555   615   2111   3622   3628   3522   3715   3910   4141   1896   2069   132   114
2    J.nl 1378  1777  849   929  4562   4656   2485   2658   2496   2656   2549   505   3592   3633   3292   2404
3    D.Rj   1442   1481  730   740  3773   3401   3190   3071   2691   2711   3925  3703   3601   3568   3507   3902
4    Cibugel   882   899   383   382   1700   1746   1692   1559   1406   1439   1960   1975   1785   1570   245   369
5    CISITU   856   901   467   580   2127   2239   1699   1814   1624   1832   2369   2285   1233   1368  1842  1632
6    Situraja 1012  1232  349   469   4419   4401   2413   2513   2115   2016   4396   4942   2569   2129   683   691
7    Congg.  894    808  318   234   2435   1341   7425   5770  8714    6763   9324  10097   2925  1967  895   595
8    Paseh 1472  1637  810   956  4080   4244    2174   2173   2121   2091   3829   3746    988   1066   312   389
9    Surian 1139   1172  343   355   1525   1479   1525    1595   1908  1622    2478   2332    566    600    259   257
10  B2       1331  1315  453   438   2336   2336   2136    2328   2559  2618    2162   2256   3615  3816   322   455
11 TSr     2505   2464   1091  953   3334   3221   3249    3113   3297   3139   4242   3985   2042  1813  2272  2260
12  Pam. 2232  3024  1656  1503  6264  6948   1691   1806   6526    6593   2244   2789   5047  5532   795    875
13  Sukas  1235  1165  433    358    2261   2271  2122   2011   3947    3830   2459   2153   1470  1530    669   789
14  Cmg  1890   2474  1311 1837  3445   3730   5494   5874   5452    5829   6385   7093    930   1391    823   935
15  J.Nr.  4019   4043  3078  3078  10999 11226  7553  7445  10685  10884  4911  4860   2587  2583    393   583
16  R.kg  1T
242    1408   567    591    1650    1792  2203  2370   2268    2674   2350  2470   2159  2330  1664  1501
17  S.U
.. 2602    4275    809   1227    4686    6941  5447   8868  6249    8096   5451   8545  3159  4685  1548  2325
18  S. S.  3259    3001    973    759    7972    8331   5848   6189  5643    6045  5332   5597   6142  3668  2155  2499
19  Gan  817    731    1488   1765    2168   1892    1874   2412  1156   1962   2418   2012   2380   963    993   1071
20  Tkt   1236   1231   423    413    1585    1559    1956    1861   2510   2427   4370   4283  2375  2615   354    567
21  Tmd. 1139   1172   343    357    1525    1479    1525    1595    1878   1622   2478   2332   297   262   305   307
22  Cmlk 1754   2047    769    881    4610    4946    4006    4352    8322    8865   7902   8408   569   707   822   902
23  Cisar 102     121    197     258     185     192     256      362      256      259      370     379     192    155    79    89
24  Tomo 984    870    870    411    3380    3523    1649    1825    1599    1715    2196    2190    720    840    529    534
25   UJ    476   593   1118   1234   1367   1473    7994    8432    12471   13492  10176  11478   9887  11789  989  1489
26   Jgd  812    817   357    373    3646    3525    3429    2125    1085    1034    1331    1298    2810    3221   1651  1001
Jm.37255 40978 20733 21636 86649 91003 84657 87749 102500 105929 101517 107854  65536  65870  27530  28535